Tips membuat Daftar Isi
Otomatis untuk memudahkan kita membuat
laporan, skripsi, karya tulis ilmiah dll. Banyak orang yang masih bingung
dengan membuat daftar isi, kebanyakan orang membuat daftar isi menggunakan
cara-cara manual, yaitu dengan cara menambahkan titik-titik secara manual dan
melalukan perhitungan jarak untuk membuat daftar isi supaya rapi.
Berikut Tips Membuat Daftar Isi Otomatis
1. Memodify Heading
1, 2, 3 untuk membuat penulisan pada bagian Judul, Sub Judul.
Setelah kalian Menemukan Heading lalu klik kanan dan pilih Modify untuk
memodifikasi/mengganti format pada Heading 1, 2 dan ke 3 maka tampilan
selanjutnya akan seperti dibawah ini
Setelah klik modify kalian ganti “Name”
menajadi “BAB” untuk membuat penulisan BAB/Title rapi dengan format penulisan
Times New Roman, font 20 dan tulisan Bold serta rata kiri
2.
Membuat penulisan dan
tata letak pada Bab 1, 2 dan Bab 3 seperti berikut ini.
Setelah membuat
Penulisan seperti pada gambar diatas, lalu di blok pada bagian Bab 1 dan klik
Style yang captionnya “BAB” karena dengan menggunakan styles akan memudahkan
kita untuk membuat format penulisan tanpa harus mensetting satu persatu lagi.
Setelah kita
memblok penulisan Bab 1 sampai dengan Bab 3 berserta dengan Sub Judulnya, lalu
klik Styles yang telah di format pada awalnya untuk membuat penulisan berubah
secara otomatis.
3.
Membuat
Page Break
Untuk menuju Page
Break, pilih Insert > Page Break, maka akan menghasilkan lembar baru seperti
berikut.
Setelah klik Page
Break maka akan membuat lembar baru, seperti pada gambar diatas “Page 1 Of 2”
lembar baru ini untuk membuat daftar isi.
4.
Membuat
Desain Daftar isi dengan Table Of Contents.
Pilih References
lalu pilih Table Of Contents, klik Table Of Contents maka akan ada pilihan
untuk membuat Daftar Isi, misalkan kita pilih Automatic Table 2 maka akan
tanpil sebagai berikut :
Maka akan tampil
seperti gambar diatas berikut. Pada tulisan Table Of Contents harus diganti
menjadi Daftar Isi.
Setelah diganti
dan diatur font untuk penulisan daftar isinya, maka hasilnya seperti gambar
diatas berikut.
5.
Meng-Update
Record pada Daftar Isi
Click kanan lalu
pilih Update Field, dan kebetulan pada daftar isi diatas halaman Bab 1 sampai
dengan Bab 3 sama, kita rapihkan dengan cara membuat jarak setiap babnya atau
memberikan lembar baru untuk setiap bab
Setelah selesai
membuat letak bab menjadi berjarak atau membuat lembar baru untuk setiap
babnya, lalu di update maka akan muncul seperti gambar diatas.
Jadi mudah bukan
untuk membuat daftar isi otomatis, tidak perlu lagi menggunakan titik-titik
secara manual dengan perhitungan supaya penempatan halaman nya rapih, dengan
cara ini maka membuat Daftar Isi semakin mudah dan menyenangkan. Semoga
Bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar