Audit Teknologi Informasi(TI)



Audit Teknologi Informasi adalah manajemen kontrol yang menggunakan teknologi informasi untuk menjaga data, integritas data dan beroperasi secara efektif untuk mencapai suatu tujuan dalam organisasi. Tujuan dari Audit Teknologi Informasi untuk mengevaluasi sistem, desain, sistem keamanan protokol, dan tata kelola teknik informasi, pada suatu sistem internal tersebut. Audit akan melakukan pemeriksaan seperti sistem informasi, input, output, dan pengolahan, dengan metode ini sebuah perusahaan/organisasi akan dapat meminimalkan resiko.

Ada 3 jenis software yang digunakan untuk melakukan audit teknologi informasi(TI):
             1. Embedded Audit Module (EAM)

Mengidentifikasi berbagai transaksi penting lalu akan segera diproses dan akan mendapatkan hasilnya secara real-time untuk mendapatkan keputusan yang tepat.

2. Generalized Audit Software(GAS)

Aplikasi yang dirancang untuk membantu proses audit database. GAS didesain untuk memungkinkan auditor dengan keahlian komputer yang tidak terlalu canggih untuk menjalankan audit yang terkait dengan fungsi pemrosesan data. 
3. Audit Command Language(ACL)


Aplikasi berbasis Windows, yang dirancang untuk menganalisa data dan menghasilkan laporan audit.
4. Integrated Test Facility 


Melakukan pengujian data maupun penciptaan record fiktif, ITF berfungsi untuk melakukan audit terhadap suatu sistem aplikasi komputer besar yang menggunakan teknologi pemrosesan real time.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar