BAB
I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Seperti yang kita
ketahui, seringkali seseorang menyamakan arti dan maksud dari Business
Development dan Marketing Development. Business Development memiliki
tugas untuk menganalisa peluang potensial dan pertumbuhan perusahaan. Terkadang
Marketing Development sering sekali disamakan dengan Business Development,
padahal kalau dilihat dari segi namanya pun berbeda. Sedangkan Marketing
Developmet bertugas untuk merumuskan strategi pemasaran sehingga perusahaan
mudah untuk meningkatkan penjualan, serta dapat mencapai target penjualan.
BAB
II
ISI
Business Development
berperan penting dibidang perusahaan, mulai dari menganalisis bisnis yang ada
saat ini, memantau pelaksanaan pertumbuhan bisnis, dan melakukan perkembangan untuk
menjalankan bisnisnya sesuai dengan target yang diinginkan perusahaan. Tetapi business
developmet tidak mengatur strategi perbisnisan dan mengimplementasikannya.
Karena itu adalah tugas
dari Marketing, marketing sendiri bertugas untuk mengatur strategi untuk
mencapai target penjualan atau peluang. Terkadang dalam perusahaan kecil
business development disamakan dengan marketing, seperti halnya membuat
strategi perdagangan, sales, dll.
Tujuan dari business
development/pengembangan bisnis, untuk mengidentifikasi/menganalisis peluang bisnis
yang dimiliki perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi business
development menciptakan peluang bisnis baru yang mudah untuk dijual pada saat
proses marketing berlanjut.
Hal terpenting yang ada pada Business Development :
1. Research & Development
Melakukan serangkaian
riset, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang penjualan disuatu
perusahaan. Contoh nya seperti membuat laporan hasil penjualan dan akan di
ambil keputusan oleh manajemen dalam merencanakan bisnis kedepannya.
2. Marketing
Development
Menganalisa
pemasaran untuk tercapainya target penjualan pada sektor penjualan. Marketing
Development juga berkaitan dengan Business Development karena menganalisis
produk, misalnya dilapangan dalam sektor penjualan apa yang sedang ramai dijual
dipasar, cara menangani konsep penjualannya seperti apa, dan promosi untuk
produk yang akan dijual.
3. Product
Development
Produk yang akan
dijual harus berkualitas bagus, supaya hasil dari penjualannya sesuai dengan
target yang diinginkan oleh perusahaan. Dalam perusahaan, produk sangat lah
penting bagi konsumen. Tugas ini cukup rumit buat Business Development, karena
harus fokus untuk menjual produk dengan kualitas bagus, tetapi harganya
terjangkau. Harus tepat dalam menganalisis hasil dari penjualanannya.
4. Financial Support
Dalam perusahaan
harus adanya modal yang tercukupi untuk memasarkan produk yang akan dijual,
apalagi diera modern seperti sekarang ini, banyak produk murah dengan kualitas
bagus dan konsumen sangat menyukainya, dan lebih efektif dalam pembeliannya. Jadi,
setiap perusahaan selalu waspada akan teknologi yang makin canggih seperti
sekarang ini, karena tidak teraturnya keuangan perusahaan secara baik. Hal ini
sangat penting bagi Business Development untuk menganalisis pengembangan
perusahaan.
5. Management Analysis
Menyiapkan hasil
analisis yang harus dilakukan oleh manajemen untuk pengambilan keputusan secara
tepat.
BAB
III
KESIMPULAN
Jadi, kesimpulan yang saya
ambil adalah orang yang bekerja pada bidang pengembangan bisnis “Business Development” harus memiliki
bakat, skill, dan pengetahuan dalam dunia Bisnis. Karena kita harus tau kapan peluang
penjualan perusahaan bisa “naik ataupun
turun”, maksud kata itu adalah kapan perusahaan bisa mendapatkan untung dan
kerugian, sehingga kita juga bisa mencegah terjadinya bangkrut pada perusahan.
Sekarang teknologi semakin
berkembang dengan pesat, dan harga product yang dijual di online shop juga
sangat terjangkau, ini adalah permasalah yang cukup serius untuk suatu
perusahaan. Yang paling utama adalah memikirkan perkembangan perusahaan
tersebut akan terus bergerak atau berhenti karena kurangnya Financial Support,
dan kurangnya pengetahuan untuk menganalisis hasil penjualannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar