Business Developmet (Pengembangan Bisnis)


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
          Seperti yang kita ketahui, seringkali seseorang menyamakan arti dan maksud dari Business Development dan Marketing Development. Business Development memiliki tugas untuk menganalisa peluang potensial dan pertumbuhan perusahaan. Terkadang Marketing Development sering sekali disamakan dengan Business Development, padahal kalau dilihat dari segi namanya pun berbeda. Sedangkan Marketing Developmet bertugas untuk merumuskan strategi pemasaran sehingga perusahaan mudah untuk meningkatkan penjualan, serta dapat mencapai target penjualan.


BAB II
ISI

          Business Development berperan penting dibidang perusahaan, mulai dari menganalisis bisnis yang ada saat ini, memantau pelaksanaan pertumbuhan bisnis, dan melakukan perkembangan untuk menjalankan bisnisnya sesuai dengan target yang diinginkan perusahaan. Tetapi business developmet tidak mengatur strategi perbisnisan dan mengimplementasikannya.

          Karena itu adalah tugas dari Marketing, marketing sendiri bertugas untuk mengatur strategi untuk mencapai target penjualan atau peluang. Terkadang dalam perusahaan kecil business development disamakan dengan marketing, seperti halnya membuat strategi perdagangan, sales, dll.

          Tujuan dari business development/pengembangan bisnis, untuk mengidentifikasi/menganalisis peluang bisnis yang dimiliki perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi business development menciptakan peluang bisnis baru yang mudah untuk dijual pada saat proses marketing berlanjut.
         


Hal terpenting yang ada pada Business Development :
1.     Research  & Development
Melakukan serangkaian riset, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang penjualan disuatu perusahaan. Contoh nya seperti membuat laporan hasil penjualan dan akan di ambil keputusan oleh manajemen dalam merencanakan bisnis kedepannya.

2.     Marketing Development
Menganalisa pemasaran untuk tercapainya target penjualan pada sektor penjualan. Marketing Development juga berkaitan dengan Business Development karena menganalisis produk, misalnya dilapangan dalam sektor penjualan apa yang sedang ramai dijual dipasar, cara menangani konsep penjualannya seperti apa, dan promosi untuk produk yang akan dijual.

3.     Product Development
Produk yang akan dijual harus berkualitas bagus, supaya hasil dari penjualannya sesuai dengan target yang diinginkan oleh perusahaan. Dalam perusahaan, produk sangat lah penting bagi konsumen. Tugas ini cukup rumit buat Business Development, karena harus fokus untuk menjual produk dengan kualitas bagus, tetapi harganya terjangkau. Harus tepat dalam menganalisis hasil dari penjualanannya.

4.     Financial Support
Dalam perusahaan harus adanya modal yang tercukupi untuk memasarkan produk yang akan dijual, apalagi diera modern seperti sekarang ini, banyak produk murah dengan kualitas bagus dan konsumen sangat menyukainya, dan lebih efektif dalam pembeliannya. Jadi, setiap perusahaan selalu waspada akan teknologi yang makin canggih seperti sekarang ini, karena tidak teraturnya keuangan perusahaan secara baik. Hal ini sangat penting bagi Business Development untuk menganalisis pengembangan perusahaan.

5.     Management Analysis
Menyiapkan hasil analisis yang harus dilakukan oleh manajemen untuk pengambilan keputusan secara tepat.





BAB III
KESIMPULAN

Jadi, kesimpulan yang saya ambil adalah orang yang bekerja pada bidang pengembangan bisnis “Business Development” harus memiliki bakat, skill, dan pengetahuan dalam dunia Bisnis. Karena kita harus tau kapan peluang penjualan perusahaan bisa “naik ataupun turun”, maksud kata itu adalah kapan perusahaan bisa mendapatkan untung dan kerugian, sehingga kita juga bisa mencegah terjadinya bangkrut pada perusahan.

Sekarang teknologi semakin berkembang dengan pesat, dan harga product yang dijual di online shop juga sangat terjangkau, ini adalah permasalah yang cukup serius untuk suatu perusahaan. Yang paling utama adalah memikirkan perkembangan perusahaan tersebut akan terus bergerak atau berhenti karena kurangnya Financial Support, dan kurangnya pengetahuan untuk menganalisis hasil penjualannya.


DAFTAR PUSTAKA



          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar